EKSTRAKURIKULER SMANSATA




EKSTRAKURIKULER SMA NEGERI 1 TARAKAN



Pada kali ini saya akan membahas mengenai ekstrakurikuler yang ada di SMANSATA. Ekskul yang ada di sekolah diharapkan dapat membantu siswa dan siswi dengan menyalurkan kemampuan dan bakat masing-masing. Untuk lebih jelasnya, kita akan melihat ekskul apa saja yang ada di SMANSATA. Check it!

Pramuka
KIR (Karya Ilmiah Remaja)
PMR (Palang Merah Remaja)
KKR
PIK
Paduan Suara
Tahfiz Qur'an
Bahasa Arab
Futsal
Voli
Nasyid
ELT
Paskibra
Tari
Olimpiade Sains
Grean Team
Website
Ekonomi
 
Diantara ekstrakulikuler tersebut  akan dijelaskan beberapa mengenai apa aja sih kegiatan-kegiatan dalam ekskul tersebut dan kapan aja kegiatan itu berlangsung. Yuk kita lihat penejelasannya.

Ekskul Tari
Ekskul tari di SMA Negeri 1 Tarakan memiliki anggota 40-an, latihan menari ini dilaksanakan setiap hari Sabtu sepulang sekolah. Ekskul tari diperuntukan bagi siswa/i yang hobby menari tarian khas daerah. Selain itu tarian-tarian yang dipelajari berguna untuk event-event formal, baik penyambutan tamu ataupun event-event lainnya. Pembina eksul ini adalah Ibu Arum Lilis, S. Pd.

Green Team
Ekskul green team adalah nama bagi ekskul lingkungan hidup di SMA Negeri 1 Tarakan. Ekskul ini memiliki 34 anggota, dengan pembinanya adalah pak I Ngurah Ketut S, S. Pd. Kegiatan green team setiap harinya adalah mengecek menggunakan cek list bagi kelas yang mengumpulkan sampah yang berupa botol & kertas. Selain itu sampah yang telah terkumpul setiap hari minggu dipilah lagi dan kemudian dijual pada pengepul sampah. Hal ini dilakukan untuk memanfaatkan dan mengelolah sampah menjadi bahan yang berguna serta mengurangi sampah yang dihasilkan

Ekskul website
Ekskul website dilaksanakan setiap pulang sekolah pada hari Sabtu, adapun kegiatannya yaitu : ada design grafis, jurnalis, photographer, web design,  web master, publisher, web content english, kegiatan mengelolah web sekolah yang meliputi berbagai kegiatan sekolah. Kegiatan yang baru saja dilaksanakan oleh ekskul ini adalah membuat majalah SMA Negeri 1 Tarakan bersama kak Do dan radio sekolah, dan sebagai pengawas/kontrol adalah tim web sekolah. Pembina ekskul ini adalah ibu Mardini, S.Kom.

Olimpiade Sains
Olimpiade sains SMA Negeri 1 Tarakan meliputi mata pelajaran IPA ( Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Kebumian, dan Astronomi). Bimbingan ini dilaksanakan pada hari Sabtu sepulang sekolah dan bertempat di masing2 ruangan yang telah ditentukan.

Olimpiade Ekonomi
Olimpiade Ekonomi diikuti oleh kelas X,XI dan XII  yang merupakan siswa kelas  ips , kegiatan ini mempelajari tentang ilmu-ilmu ekonomi serta berbagai hal mengenai akuntansi, selain itu juga membahas mengenai berbagai soal-soal olimpiade.

Pramuka
Ekskul yang satu ini adalah ekskul yang di ikuti oleh siswa kelas X dan XI. Ekskul pramuka ini adalah salah satu ekskul yang wajib diikuti oleh semua siswa smansta  semenjak diberlakukannya kurikulum 2013 dan dilaksanakn setiap hari Sabtu pada jam 7-8. Dalam ekskul ini pula selain mengadakan kegiatan latihan baris-berbaris, latihan Dasar Pramuka dan tingkat menengah juga melakukan kegiatan-kegiatan perkemahan di luar sekolah bahkan sampai ke tingkat Nasional, serta selalu mengikuti berbagai jenis lomba pramuka.
Adapun Pembina Pramuka saat ini adalah sebagai berikut :
  1. Siti Bungawati, S. Pd
  2. Ridna damayanti, M. Pd
  3. Sartin Mety Payung, S. Sos
  4. Semin, S. Ag
  5. Ngurah Ketut Sudiadnyana, S. Pd
  6. Sabri, S. Pd
  7. Saputri Sri Lestari, S. Pd
Dengan memilih ekskul yang tepat diharapkan siswa dapat menyalurkan bakat tersebut. Apalagi dengan mengikuti ekskul kita dapat aktif dan berprestasi. Ekskul yang di posting semoga dapat membantu kalian sebagai refrensi untuk memilih ekskul yang sesuai minat dan bakat kalian. Jadi, jangan sampai salah pilih untuk menggapai prestasi.

Sumber: http://sman1-trk.sch.id/ekstrakulikuler/

0 komentar:

Posting Komentar